Pada minggu lalu, IHSG ditutup di level 7.036, turun dibanding dengan penutupan minggu sebelumnya di 7.087. Secara teknikal IHSG di fase downtrend dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah mampu menguat atau malah terkoreksi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini. Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 26 April 2024

Prediksi Analisis Pasar Saham IHSG Minggu 1ni 29 April 2024

Kondisi Pasar Saham Saat Ini

IHSG terlihat terkoreksi. Moving Average periode pendek di bawah periode panjang. RSI bergerak cenderung turun. Dari kondisi teknikal, terlihat IHSG di fase downtrend dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS bergerak rebound. Indeks Dow Jones berada di level 38.239, naik dibanding penutupan minggu sebelumnya di 37.986. Sedangkan indeks S&P500 di level 5.099, naik dibanding penutupan sebelumnya di 4.967.

 

Kalender Ekonomi Minggu Ini

Minggu ini cukup banyak rilis data dan kejadian ekonomi penting. Yang akan dicermati pelaku pasar antara lain suku bunga Fed dan data pekerjaan AS (NFP). Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Senin 29 April 2024 : Data inflasi Jerman
  2. Selasa 30 April 2024 : Data manufaktur China, Data GDP Kanada, Data keyakinan konsumen AS
  3. Rabu 1 Mei 2024 : Data pekerjaan New Zealand, Data pekerjaan AS (ADP), Data manufaktur AS, Suku bunga Fed
  4. Kamis 2 Mei 2024 : Data inflasi Swiss, Data klaim pengangguran AS, Pernyataan Gub BOC Macklem
  5. Jumat 3 Mei 2024 : Data pekerjaan AS (NFP), Data sektor jasa AS

 

Analisis IHSG Terkini

Sementara ini pasar saham di fase downtrend dalam jangka pendek.

Pada minggu lalu pasar saham dunia rebound tipis, walaupun data GDP AS mengecewakan. Kemungkinan IHSG berpotensi bergerak dalam pola konsolidasi di kisaran level psikologis 7000.

Saat ini tidak banyak sentimen positif di pasar saham. Kondisi eksternal geopolitik kurang kondusif. Secara internal musim dividen sudah selesai, tinggal saham-saham berkapitalisasi kecil yang belum membagi dividen. Rupiah yang melemah tajam ikut memberikan sentimen negatif bagi pasar saham.

Area trading cukup lebar berada di kisaran 6.900 sd 7.191

Perhatikan level psikologis 7.000 sebagai support terdekat. Waspada jika tembus level support 7.000 ke bawah. Berpotensi menguji level 6.900

Jika ternyata bergerak ke atas, berpotensi menguji level resistance 7.191. Jika tembus ke atas, berpotensi mencoba level psikologis 7.234

 

 

Rekomendasi Saham Secara Umum

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG downtrend dalam jangka pendek. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG di fase sideways. Wait and see. Tetap berhati-hati.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi saham secara umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

>> Jangan Lewatkan

Buka rekening saham

Dapatkan GRATIS sinyal jual beli saham selama setahun, bila membuka rekening saham lewat JurusCUAN dan setor dana minimal Rp 5 juta
Langsung daftar online buka rekening saham di sini