User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Perencanaan keuangan sangat penting karena bisa memberikan panduan untuk mencapai berbagai tujuan finansial di berbagai tahap hidup yang berbeda. Setiap orang memiliki tahap hidup yang mirip, mulai dari sekolah, bekerja, bekeluarga, memiliki anak, sampai akhirnya pensiun. Perencanaan keuangan bisa bermanfaat untuk masa sekarang, beberapa tahun mendatang atau nanti untuk masa pensiun.

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Mitos adalah keyakinan yang dimiliki sekelompok masyarakat terhadap suatu hal. Jadi, mitos sendiri belum tentu benar, dan belum tentu merupakan fakta. Ada banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat, termasuk di antaranya tentang perencanaan keuangan. Apa saja mitos perencanaan keuangan tersebut?

Berbagai Mitos Perencanaan Keuangan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Perencanaan keuangan (Financial Plan) adalah suatu proses mengelola keuangan secara terencana untuk mencapai tujuan masa depan. Nah, tujuan yang ingin dicapai ini bisa sangat sederhana (untuk jangka pendek) atau kompleks (untuk jangka panjang). Contoh tujuan yang sederhana misalnya untuk menyiapkan dana untuk liburan satu dua tahun ke depan. Sedangkan yang kompleks misalnya mempersiapkan dana pensiun di masa yang akan datang. Disebut kompleks karena dalam perencanaannya akan melibatkan berbagai instrumen keuangan, inflasi, asuransi, dan investasi.