Belajar Trading Yang Benar

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

Semua trader ingin sukses. Tapi tidak semua bisa melakukannya. Hal ini terjadi karena dalam prosesnya, trader tersebut mengambil jalan yang keliru. Kalau Anda ingin sukses menjadi trader, belajarlah trading yang benar. Kata "benar" ini perlu digarisbawahi, karena banyak trader yang justru tersesat mempelajari trading secara keliru.

Belajar Trading Yang Benar

Suatu hari saya mendapatkan pesan di WA sebagai berikut:

Persoalan Klasik Trader

 

Hal di atas adalah persoalan klasik trader. Mula-mula trading cuan terus sampai akunnya bengkak, lalu ludes tak bersisa. Deposit lagi, rugi lagi. Dan seterusnya.

Persoalan klasik trader tersebut jawabannya juga klasik. Trader tersebut harus mau belajar lagi untuk bisa bangkit dari kegagalan.

Tapi kalau kita baca tulisannya, trader tersebut menyatakan sudah belajar tapi masih rugi. Kenapa sudah belajar, mencari strategi segala macam tapi masih gagal?

Biasanya trader pemula yang gagal karena belajar trading secara keliru. Bagaimana maksudnya?

Trader yang gagal biasanya berangkat dari MINDSET YANG KELIRU, yaitu mereka beranggapan bahwa trading adalah cara cepat dan mudah untuk menjadi kaya. Akibatnya mereka tersesat makin parah:

1. BELAJAR DARI SUMBER YANG KELIRU
Trader seperti ini senang sekali pada guru trading yang menjanjikan angin surga tentang kemudahan trading sebagai jalan menjadi kaya.
Guru trading yang punya "ilmu rahasia" begini biasanya dicari-cari. Padahal mana ada ilmu rahasia dalam trading. Kalaupun ada, mestinya sudah ketemu sejak dulu dan trader tersebut menjadi orang terkaya di dunia. Lagian kalau ada "ilmu rahasia" mau dibagi?

2. BELAJAR CARA TRADING YANG KELIRU
Karena beranggapan bahwa trading adalah cara mudah untuk menjadi kaya, sehingga akhirnya apa yang mereka cari? Mereka mencari strategi trading paling hebat sedunia. Mereka mencari strategi yang peluang menangnya besar. Mereka fokus pada cara mencari profit, sementara melupakan hal lain, seperti manajemen uang, manajemen risiko, aspek psikologi, probabilitas, sistem trading, struktur pasar dan lain sebagainya.

Trader yang belajar dari sumber yang keliru dan cara trading yang keliru biasanya cuma ngubek-ngubek indikator Analisis Teknikal, akhirnya cuma jadi pemulung indikator. Tinggal tunggu waktu saja. Cepat atau lambat dia akan tersingkir dari pasar.

Semua orang yang berolahraga tidak semuanya lantas menjadi juara dunia kan? Ada yang berolahraga bertahun-tahun, tetap saja tidak jadi apa-apa, atau paling banter cuma jadi juara kampung. Mengapa? Karena yang juara dunia cara latihannya beda, lama latihannya beda, intensitasnya beda. Bukan sembarang latihan, hanya latihan yang sempurna yang bisa membentuk seorang juara

Ingat ya, dunia trading tidak cuma melulu tentang Analisis Teknikal saja. Cuma belajar Analisis Teknikal seupil lalu mau jadi sukses. Kok enak.

Kenapa banyak orang tidak mau belajar trading yang benar? Karena bukan jalan yang mudah. Learning to trade the right way is not the easy way. It is the hard way. Need a lot of time, process, discipline, patience, focus to master.

Setiap master berawal dari seorang pemula

 

Jika ingin menjadi trader yang sukses, mulailah dengan mindset yang benar, lalu belajar cara yang benar dan sumber yang benar, misalnya buku trading yang berkualitas

Semoga artikel ini menginspirasi

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com