Dua minggu terakhir, pasar saham terlihat berkonsolidasi dalam kisaran sempit. IHSG akhirnya ditutup di level 6.651. Turun dibanding penutupan minggu sebelumnya di 6.740. Secara teknikal IHSG masih di fase downtrend dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah mampu menguat lagi atau malah terkoreksi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 15 Juli 2022

Prediksi Analisis Pasar Saham IHSG Minggu Ini 18 Juli 2022

 

Kondisi Pasar Saham Saat Ini

IHSG terlihat bergerak dalam kisaran sempit. Moving Average periode pendek di bawah periode panjang. RSI bergerak sedikit datar. Dari kondisi teknikal, terlihat IHSG masih di fase downtrend dalam jangka pendek. Tapi sementara ini terlihat berkonsolidasi.

Sementara bursa saham AS sempat turun tajam, tetapi di akhir minggu rebound. Indeks Dow Jones berada di level 31.288, turun tipis dibanding penutupan minggu sebelumnya di 31.338. Sedangkan indeks S&P500 di level 3.863, turun tipis dibanding penutupan sebelumnya di 3.899.

 

Kalender Ekonomi Minggu Ini

Minggu ini cukup banyak rilis data dan kejadian ekonomi penting. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Senin 18 Juli 2022 : Data inflasi New Zealand
  2. Selasa 19 Juli 2022 : Laporan meeting kebijakan moneter Australia, Pernyataan Gub BOE Bailey
  3. Rabu 20 Juli 2022 : Pernyataan Gub BOE Lowe, Data inflasi Inggris, Kanada
  4. Kamis 21 Juli 2022 : BOJ Outlook, Pernyataan ECB
  5. Jumat 22 Juli 2022 : Data manufaktur Jerman

 

Analisis IHSG Terkini

Sementara ini pasar saham masih di fase downtrend dalam jangka pendek.

Untuk minggu ini, kemungkinan IHSG berpotensi masih melanjutkan konsolidasi cenderung sideways di dalam area trading 6.500-6.800.

Sementara ini belum ada sentimen positif yang kuat bagi pasar saham. Pelaku pasar masih menunggu keputusan Rapat Dewan Gubernur BI 20-21 Juli mendatang.

Support 6.500 dan resistance 6.800. Perhatikan kedua level ini. Setelah konsolidasi cukup lama, ada potensi IHSG bergerak tajam. Bisa ke atas atau ke bawah. Tergantung nanti sentimen yang muncul negatif atau positif.

Menurut saya, market masih belum terlalu kondusif, masih ada potensi melanjutkan koreksi jika muncul sentimen negatif berikutnya.

Disarankan untuk selalu safe trading.

 

Rekomendasi Saham Secara Umum

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG downtrend dalam jangka pendek. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG fase sideways cenderung downtrend. Wait and see perkembangan selanjutnya

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi saham secara umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

>> Jangan Lewatkan

Member Rekomendasi saham JurusCUAN berhasil profit dari saham WOMF

Ikut profit bersama Rekomendasi Saham JurusCUAN
Sudah terbukti memberikan profit bagi member-membernya