Pada minggu lalu pasar saham bergerak relatif datar dan ditutup di level 6.538. Turun tipis dibanding penutupan minggu sebelumnya di 6.561. Tapering Fed yang dipercepat dan munculnya virus Covid varian baru masih membebani bursa saham. Secara teknikal, IHSG masih di fase sideways dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah IHSG mampu menguat lagi atau ada koreksi lanjutan? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 3 Desember 2021

Prediksi Analisis Pasar Saham IHSG Minggu Ini 6 Desember 2021

 

Kondisi Pasar Saham Saat Ini

IHSG bergerak relatif datar. Moving Average periode pendek berimpit dengan periode panjang. RSI bergerak turun. Dari kondisi teknikal, terlihat IHSG di fase sideways dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS masih turun. Indeks Dow Jones berada di level 34.580, turun dibanding penutupan minggu sebelumnya di 34.899. Sedangkan indeks S&P500 di level 4.538, turun dibanding penutupan sebelumnya di 4.594.

 

Kalender Ekonomi Minggu Ini

Minggu ini cukup banyak rilis data dan kejadian ekonomi penting. YAng dinanti pelaku pasar adalah pernyataan Ketua Fed Powell dan rilis data pekerjaan AS. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Selasa 7 Desember 2021 : Suku bunga Australia
  2. Rabu 8 Desember 2021 : Suku bunga Kanada
  3. Jumat 10 Desember 2021 : Pernyataan Gub RBA Lowe, Data inflasi AS

 

Analisis IHSG Terkini

Menurut saya, pasar saham masih di fase sideways dalam jangka pendek. Sementara ini masih banyak sentimen negatif di pasar. Perhatikan level support 6.480, jika jebol ke bawah ada potensi IHSG masuk fase downtrend dalam jangka pendek.

Sedangkan resistance terdekat di level 6.650. Jika berhasil menembus level ini, kemungkinan ada penguatan lanjutan.

Disarankan untuk lebih berhati-hati bila trading saat ini. Sentimen negatif masih cukup kuat. Terutama pasar saham dunia masih kurang kondusif.

 

Rekomendasi Saham Secara Umum

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG sideways dalam jangka pendek. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: BUY
    Dalam jangka menengah IHSG masih uptrend. Bisa akumulasi beli pada saham-saham tertentu

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi saham secara umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

>> Jangan Lewatkan

Member Rekomendasi saham JurusCUAN saldo naik 170%

Segera bergabung ke Rekomendasi Forex JurusCUAN
Sudah dibuktikan oleh member-member lain bisa memberikan profit