Pada minggu lalu bursa saham menguat dan ditutup di level 6.101. Menguat tipis dibanding minggu sebelumnya di 6.072. Penerapan PPKM Darurat yang diperpanjang tidak menghalangi IHSG untuk rebound. Secara teknikal IHSG mulai masuk fase uptrend dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah IHSG mampu menguat atau malah terkoreksi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 23 Juli 2021

Prediksi Analisis Pasar Saham IHSG Minggu Ini 26 Juli 2021

 

Kondisi Pasar Saham Saat Ini

IHSG terlihat bergerak naik. Moving Average periode pendek berada di atas Moving Average periode panjang. RSI bergerak relatif naik. Terlihat IHSG breakout dari pola Ascending Triangle ke atas. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG mulai masuk di fase uptrend dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS kembali rebound. Indeks Dow Jones berada di level 35.061, naik dibanding penutupan minggu sebelumnya di 34.687. Sedangkan indeks S&P500 di level 4.411, naik dibanding penutupan sebelumnya di 4.327.

 

Kalender Ekonomi Minggu Ini

Minggu ini cukup banyak data dan kejadian ekonomi penting. Yang ditunggu oleh investor adalah pernyataan Ketua Fed Powell. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Selasa 27 Juli 2021 : Data keyakinan konsumen AS
  2. Rabu 28 Juli 2021 : Data inflasi Australia, Data inflasi Kanada, Pernyataan Fed
  3. Kamis 29 Juli 2021 : Data GDP AS
  4. Jumat 30 Juli 2021 : Data GDP Kanada, Data Price Index AS

 

Analisis IHSG Terkini

Menurut saya, bursa saham di minggu ini kemungkinan masih berpeluang melanjutkan penguatan atau setidaknya bertahan di atas level 6000.

Tidak banyak sentimen positif yang beredar di pasar. Sedangkan sentimen negatif seperti perpanjangan PPKM Darurat tidak terlalu membebani pergerakan IHSG.

Perkiraan area trading pasar saham di kisaran 6000-6200.

Perhatikan support 6000, waspada jika jebol ke bawah. Sebaliknya jika behasil jebol resistance 6200 ke atas, ada potensi penguatan lanjutan bagi IHSG.

IHSG support 6.000 resistance 6.200.

Disarankan tetap safe trading.

 

Rekomendasi Saham Secara Umum

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG masuk fase uptrend jangka pendek. Bisa akumulasi trading buy pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG fase sideways. Amati perkembangan pasar saham selanjutnya dulu.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi saham secara umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

>> Jangan Lewatkan

Member Rekomendasi saham JurusCUAN panen cuan dari saham PTMP

Mau ikutan cuan dari saham?
Segera bergabung bersama member lain di Rekomendasi Saham JurusCUAN