Pada minggu lalu bursa saham berhasil menguat, dan kembali berada di atas level 5.800-an tepatnya di 5.848. Dengan penguatan ini, IHSG kembali masuk di fase sideways dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah IHSG mampu menguat atau malah terkoreksi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 28 Mei 2021

Prediksi Analisis Pasar Saham IHSG Minggu Ini 28 Mei 2021

 

Kondisi Pasar Saham Saat Ini

IHSG terakhir berada di level 5.848. Moving Average periode pendek di bawah Moving Average periode panjang. RSI terlihat bergerak naik. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG berada di fase sideways dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS bergerak menguat. Indeks Dow Jones berada di level 34.529, menguat dibanding penutupan minggu sebelumnya di 34.207. Sedangkan indeks S&P500 di level 4.204, naik dibanding penutupan sebelumnya di 4.155.

 

Kalender Ekonomi Minggu Ini

Minggu ini cukup banyak data dan kejadian ekonomi penting. Yang akan dinanti investor adalah pernyataan ketua Fed Powell dan data pekerjaan AS. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Selasa 1 Juni 2021 : Suku bunga Australia, Meeting OPEC, Data manufaktur AS, Pernyataan Gub BOE Bailey
  2. Rabu 2 Juni 2021 : Data GDP Australia
  3. Kamis 3 Juni 2021 : Data sektor jasa AS
  4. Jumat 4 Juni 2021 : Pernyataan Ketua Fed Powell, Data pekerjaan Kanada, Data pekerjaan AS

 

Analisis IHSG Terkini

Menurut saya, bursa saham di minggu ini kemungkinan bergerak dalam pola sideways dalam area cukup lebar, yaitu di kisaran 5.742 - 5.932. Sentimen pasar saham dunia sementara ini masih cenderung lumayan positif, tapi kemungkinan tidak banyak pengaruhnya pada IHSG. Sedangkan dari dalam negeri juga tidak banyak sentimen positif. Hari Selasa 1 Juni 2021 bursa saham libur berkenaan Hari Kesaktian Pancasila. Sehingga praktis, cuma tersisa 4 hari bursa untuk perdagangan saham. Sehingga trading saham di minggu ini kemungkinan tidak terlalu menarik.

Ada satu sentimen lain yang perlu dicermati. Setelah libur panjang biasanya kasus Covid-19 naik cukup tajam. Hal ini bisa berpotensi menjadi sentimen negatif bagi pasar saham. Tapi sementara ini belum terlihat ada lonjakan kasus secara luar biasa.

Support IHSG 5.742. Resistance 5.932. Jika jebol 5.932 ke atas, ada potensi penguatan lebih lanjut. Sebaliknya jika jebol 5.742 ke bawah, perlu waspada. Disarankan tetap safe trading.

 

Rekomendasi Saham Secara Umum

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG di fase sideways. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG fase sideways. Amati perkembangan pasar saham selanjutnya dulu.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi saham secara umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

 

>> Jangan Lewatkan

Member Rekomendasi saham JurusCUAN cuan besar dari saham ABMM

Mau ikutan cuan dari saham?
Segera bergabung bersama member lain di Rekomendasi Saham JurusCUAN