Pasar saham relatif tidak banyak bergerak pada minggu lalu. IHSG akhirnya ditutup di 5.112. Terhitung naik tipis dibanding penutupan minggu sebelumnya di 5.103. Secara teknikal IHSG saat ini berada di fase uptrend dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah IHSG mampu menguat atau malah terkoreksi kembali? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 23 Oktober 2020

Analisis Pasar Saham IHSG 19 Oktober 2020

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

IHSG terlihat bergerak menguat. MACD di atas signal, di area positif. RSI terlihat bergerak datar. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG masih berada di fase uptrend dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS cenderung berkonsolidasi. Indeks Dow Jones berada di level 28.335, turun dibanding penutupan minggu sebelumnya di 28.606. Sedangkan indeks S&P500 terakhir di level 3.465, turun tipis dibanding penutupan sebelumnya di 3.483.

Minggu ini tidak banyak data dan kejadian ekonomi penting. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Rabu 28 Oktober 2020 : Data inflasi Australia, Suku bunga Kanada
  2. Kamis 29 Oktober 2020 : Kebijakan moneter BOJ, GDP AS, Suku bunga Eropa, Pernyataan ECB
  3. Jumat 30 Oktober 2020 : Data GDP Kanada

Menurut saya, kemungkinan di minggu ini IHSG masih bergerak dalam pola konsolidasi. Sementara ini tidak banyak sentimen yang ada di pasar. Selain itu, di minggu ini cuma tersedia 2 hari bursa. Rabu 28 Oktober 2020 dan Jumat 30 Oktober 2020 cuti bersama, dan Kamis 29 Oktober 2020 libur nasional. Jadi kemungkinan pasar saham cenderung sepi. Kemungkinan juga ada potensi profit taking menjelang libur panjang.

Perhatikan area trading IHSG makin menyempit, di kisaran 5.063-5.182. Perhatikan support 5.063, jika jebol di bawah level ini ada potensi koreksi lebih lanjut. Perhatikan pula resistance 5.182, jika jebol ke atas ada potensi penguatan lebih lanjut

Perlu diingat bahwa pasar saham masih berpotensi volatil.

Support IHSG 5.063. Resistance 5.182

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG di fase uptrend dalam jangka pendek. Masih berpotensi volatil. Bisa trading pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: HOLD
    Dalam jangka menengah IHSG terlihat sideways, disarankan wait and see.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

 

>> Jangan Lewatkan

Buka rekening saham

Dapatkan GRATIS sinyal jual beli saham selama setahun, bila membuka rekening saham lewat JurusCUAN dan setor dana minimal Rp 5 juta
Langsung daftar online buka rekening saham di sini