Mendapatkan Profit Itu Mudah, Tapi ...

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Mendapatkan profit dalam trading itu mudah, bahkan seorang trader pemula pun bisa mendapatkan profit. Walaupun trading secara ngawur, asal beruntung, seorang trader pemula bisa dengan mudah mendapatkan profit. Tapi yang susah adalah mempertahankan profit yang sudah didapat tersebut dalam jangka waktu lama, supaya tetap ada dan terus bertumbuh. Yang sering terjadi adalah, trader mendapatkan profit begitu besar, tapi tidak lama kemudian profit tersebut amblas tergerus rugi dan bahkan rugi semakin besar. Kejadian ini bisa berulang terus menerus. Trader mendapat profit, kemudian rugi lebih besar, selanjutnya profit besar lagi lalu rugi jauh lebih besar lagi. Mengapa hal seperti ini bisa terjadi? Bagaimana mengatasinya?

Mendapatkan Profit Itu Mudah Tapi ...

SEDIKIT YANG BISA MEMPERTAHANKAN PROFIT
Bila diperhatikan, kondisi akun yang dimiliki seorang trader pemula biasanya seperti ini:

Siklus Nasib Akun Trader Pemula

 

PENYEBAB SULIT MEMPERTAHANKAN PROFIT
Bila diperhatikan ada berbagai penyebab trader sulit mempertahankan profit, mulai dari faktor metode, manajemen uang, dan psikologi. Bisa salah satu atau kombinasi dari ketiganya, yang merupakan
elemen penentu kesuksesan trading:

  1. Faktor metode. Kebanyakan trader pemula biasanya mengandalkan feeling untuk melakukan trading. Akibatnya saat keberuntungan habis, hancur pulalah akunnya
  2. Faktor manajemen uang. Saat profit, trader semakin berani dan menggunakan uang lebih besar saat trading.
  3. Faktor psikologi. Saat mendapatkan keberuntungan, trader merasa sakti (fenomena Raja Midas). Setelah keadaan berbalik arah, rugi, dan tidak berani cut loss.

BAGAIMANA MENGATASINYA?
Saat Anda melihat kondisi akun seperti gambar di atas, sebaiknya segera bertindak melakukan perubahan. Jika tidak, lambat laun akun akan makin tergerus hingga tak bersisa. Solusinya adalah memiliki sistem trading yang solid. Selain faktor metode, juga harus memperhatikan faktor manajemen uang dan psikologi. Tidak ada cara lain. 

Semoga artikel ini bermanfaat

regards
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com