Pilih Trading Yang Spektakuler Atau Konsisten?

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Selama membuka layanan Rekomendasi Saham, banyak pertanyaan yang diajukan pada saya. Salah satu pertanyaan yang cukup sering diajukan adalah: "Mengapa bapak tidak merekomendasikan saham XXXX yang hari ini naik tajam sekali sampai mentok Auto Rejection kanan? Bapak kan pakar trading, kenapa diam saja melihat saham yang profitnya menggiurkan begitu?" Akhirnya karena keseringan ditanya hal seperti itu, saya tulis saja artikel ini. Baca artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Pilih Trading Yang Spektakuler Atau Konsisten

Apa itu trading yang spektakuler?
Trading yang spektakuler yang dimaksud adalah trading yang mengejar profit spektakuler atau luar biasa dalam waktu singkat. Profit yang spektakuler memang selalu menarik hati para trader. Seperti semut yang mengerubuti gula, atau serangga yang tertarik pada nyala lampu. Begitulah, secara alamiah trader tertarik pada profit (baca: uang). Kalau bisa setinggi mungkin, supaya bisa cepat kaya mendadak dan menggeser Warren Buffet sebagai investor terkaya dunia. Oleh sebab itu banyak trader mengejar trading yang bisa menjanjikan profit luar biasa. Kalau bisa uang 1 juta jadi 1 milyar dalam sebulan. Sesuai prinsip High Risk High Return, trading yang mengejar profit yang spektakuler biasanya akan menjadi trading yang penuh risiko. Trader menjadi cenderung melakukan trading yang spekulatif, membeli saham gorengan, membuka posisi terlalu banyak, menggunakan marjin terlalu besar, tanpa manajemen uang dan risiko. Sesekali trader bisa saja menghasilkan profit yang spektakuler, tapi biasanya profit tersebut cepat pula tersapu habis pada trading berikutnya. Mengapa? Karena profit yang spektakuler itu didapat karena beruntung. Trading yang spektakuler umumnya menguras emosi, membuat stres karena beban psikologis yang tinggi. Kalau dilihat grafiknya, pertumbuhan saldo tidak stabil, sering kali naik tinggi, kemudian turun tajam, akhirnya habis.

Apa itu trading yang konsisten?
Trading yang konsisten adalah kebalikan dari trading yang spektuler. Trading seperti ini mengejar profit yang tidak terlalu besar dan yang difokuskan adalah konsistensi dalam menghasilkan profit. Trading yang konsisten selalu memperhatikan manajemen uang dan risiko. Ia menghindari trading berisiko tinggi, misalnya tidak membeli saham gorengan yang berfluktuasi tinggi. Biasanya trader yang mengejar profit yang konsisten lebih santai tradingnya, tidak gampang stres. Kalau dilihat grafiknya, pertumbuhan saldo memang tidak tinggi, tapi stabil. Kalaupun turun, tidak tajam karena selalu dijaga dengan manajemen risiko.

Apakah bisa profit secara spektakuler dan konsisten?
Secara prinsip High Risk High Return tidak bisa. Kalaupun bisa, hanya dalam waktu singkat saja. Kalau Anda trading secara benar, dengan manajemen risiko yang terukur, tidak sembarang membeli saham, secara otomatis profit yang didapat juga relatif tidak spektakuler. Sesekali memang bisa spektakuler, kalau ada pergerakan market yang luar biasa, tapi dalam kondisi market yang normal, ya nggak bisa. Spektakuler dan konsisten itu bagai dua elemen yang berbeda kutub. Satu di Utara, satu lagi di Selatan. Anda harus memilih salah satu.

Apakah trading secara konsisten itu profitnya kecil?
Trading secara konsisten bisa juga menghasilkan profit cukup besar. Tapi tentu saja, tidak sampai membuat mulut menganga seperti halnya trading yang spektakuler.

Mengapa kita harus fokus pada trading yang konsisten, bukan pada trading yang spektakuler?
Bagi saya, kunci sukses trading adalah kemampuan meminimalkan kerugian. Jika kita mampu meminimalkan kerugian terlebih dahulu, nanti keuntungan akan datang dengan sendirinya. Trading yang meminimalkan risiko secara otomatis akan membentuk trading yang konsisten, bukan yang spektakuler. Kalau kita memaksakan trading yang spektakuler, biarpun menggiurkan tapi akhirnya akan merusak seluruh kinerja trading. Akibatnya bukannya bertambah, modal trading Anda lebih cepat ludes.

Jawabannya?
Kembali ke jawaban pertanyaan awal. Tentu Anda sudah tahu jawabannya sesuai paparan di atas. Fokus saya bukanlah mencari trading yang spektakuler, tapi trading yang konsisten. Trading yang walaupun profitnya tidak terlalu besar, tapi rutin dan konsisten. Sesekali memang saya melakukan trading saham gorengan, tapi selalu dengan nilai uang yang sangat kecil, dan hanya untuk membunuh waktu. Justru kalau Anda menemui "pakar" atau "ahli" yang menawarkan cara trading spektakuler, menjadi kaya dalam waktu singkat, Anda harus curiga. Boleh jadi dia itu pakar atau ahli palsu.

Nah, sekarang terserah Anda, mau pilih trading yang spektakuler atau konsisten?

Trader Yang Mendapatkan Profit Spektakuler

Semoga artikel ini bermanfaat

regards
DW
http://www.juruscuan.com