Seberapa Pentingkah Psikologi Trading?

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Banyak trader sudah mengetahui bahwa elemen penentu kesuksesan trading ditentukan oleh faktor 3M, seperti yang dipaparkan oleh Dr Alexander Elder, seorang ahli psikologi dan trader profesional. Ia mengatakan bahwa ada tiga pilar di dalam trading, yaitu 3M (Method, Money, dan Mind). Seorang trader yang sukses harus memiliki ketiganya. Tapi kebanyakan trader memiliki pemahaman yang salah tentang ketiganya. Umumnya mereka menganggap ketiga elemen tersebut sama besar peranannya dalam menentukan kesuksesan trading. Padahal fakta justru mengatakan sebaliknya. Ada elemen yang berperan lebih besar dalam menentukan kesuksesan trading. Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Seberapa Pentingkah Psikologi Trading

Mari kita mengingat kembali konsep 3M. Yang dimaksud 3M di sini adalah:

  • Method, yaitu sistem trading atau kemampuan analisa.
  • Money, yaitu manajemen uang dan risiko yang terukur.
  • Mind, yaitu terkait dengan psikologi trading, kemampuan mengendalikan emosi.

 

Kebanyakan trader lebih terfokus pada upaya untuk mempelajari Method daripada Money, apalagi Mind. Mereka berpikir keras, memeras otak dan tenaga demi mencari cara analisis yang sempurna (holy grail). Sebenarnya tidak ada salahnya mendalami metode analisis trading, baik itu Analisis Teknikal atau Analisis Fundamental. Yang menjadi masalah adalah terlalu fokus pada Method, sehingga melupakan Money dan Mind.

Kesuksesan Trading Lebih Ditentukan Oleh Money dan Mind

Padahal Method hanya menyumbang sebagian kecil dari kesuksesan seorang trader. Jika benar Method yang paling berperan dalam menentukan kesuksesan trading, seharusnya orang-orang genius lulusan Harvard, Standford, MIT sudah menemukan formula sakti untuk menjadi kaya dari trading. Tapi kenyataan kan berkata sebaliknya. Justru IQ tinggi tidak menjamin sukses seseorang dalam bertransaksi saham. Bahkan orang biasa juga bisa sukses bertransaksi saham. Justru kesuksesan trader lebih dipengaruhi oleh Money, dan terutama Mind (Psikologi Trading).

Ada beberapa alasan mengapa kebanyakan trader tidak peduli pada Money, apalagi Mind.

  1. Yang pertama karena faktor psikologi tidak mudah diukur. Belajar Analisis Teknikal atau Analisis Fundamental serta menerapkannya itu lebih gampang, karena analisis umumnya bisa dihitung. Analisis bisa diterapkan menggunakan software komputer yang canggih, tapi tidak pada Psikologi Trading.
  2. Yang kedua karena faktor psikologi tidak dipahami dengan benar oleh sebagian besar trader. Tidak banyak buku yang membahas tentang Psikologi Trading, bahkan dalam bahasa Inggris. Kebanyakan trader berpikir bahwa ia sudah memahami dirinya sendiri. Padahal tidak. Faktanya hanya sedikit trader yang memahami dirinya sendiri, apa saja kelemahannya sebagai manusia yang mempengaruhi kualitas trading.


Seharusnya setiap trader yang ingin sukses tidak melupakan faktor Psikologi Trading. Justru setiap trader harus lebih banyak belajar Psikologi Trading, karena hal inilah yang berperan besar dalam menentukan kesuksesan trading.

Jika Anda ingin belajar tentang Psikologi Trading, ikutilah Seminar "Meningkatkan Profit Dengan Psikologi Trading" di Jakarta 28 Mei 2016.

Semoga menginspirasi

regards
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com