Tidak Mau Rugi? Jangan Jadi Trader!

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Banyak orang sering meminta saya untuk mengajari trading. Tapi permintaan itu ada embel-embelnya. Begini: "Pak, tolong saya diajari trading, tapi saya maunya profit terus, jangan sampai rugi. Bisa pak?" Mendengar permintaan itu biasanya saya cuma nyengir. Dalam hati saya membatin, "Masih saja ada orang yang mau enaknya doang, tapi susahnya nggak mau." Tapi di depan orang itu saya tetap senyum lho, dengan manis sekali dan balik bertanya: "Misalnya Anda datang ke sasana tinju, terus bertemu dengan pelatihnya, terus Anda minta diajari sampai jadi juara tinju tapi tidak mau kena pukul, bagaimana menurut Anda jawaban pelatihnya? Itu juga jawaban saya."

Tidak Mau Rugi? Jangan Jadi Trader!

Mau jadi trader yang sukses, tapi tidak mau rugi. Itu keinginan banyak orang. Keinginan yang "mulia", supaya cepat jadi kaya. Tapi sayangnya mustahil. Seperti mau jadi petinju sukses, tapi tidak mau kena pukul. Atau mau jadi peselancar jempolan, tapi tidak mau badan gosong terbakar matahari. Atau mau jadi pembalap sepeda kelas dunia, tapi tidak mau betisnya seksi seperti tukang becak. Yo, ora iso. No pain, no gain my friend.

Untung dan rugi adalah bagian dari trading. Sama seperti kena pukul adalah bagian dari tinju. Anda lihat saja berapa kali seorang petinju kena pukul waktu bertanding, belum lagi waktu latihannya.Justru waktu latihannya digebukin terus, supaya tahan pukul.

Pelatih tinju bisa mengajari Anda cara mengelak pukulan, atau cara bertahan dari pukulan. Tapi tidak bisa menjamin seorang petinju tidak kena pukul. Pelatih tinju yang baik tidak akan mengajari Anda cara bebas pukul, tapi akan fokus mengajari Anda supaya kalau kena pukul tidak langsung KO. Seorang trader yang bisa mendapatkan profit secara konsisten, bukan berarti tidak pernah rugi. Ia juga tetap mengalami rugi. Tapi ruginya bisa diminimalkan.

Saya bisa mengajari Anda cara memilih saham yang risikonya minimal untuk trading dengan berbagai teknik analisis. Saya juga bisa mengajari Anda cara supaya kalau rugi tidak bikin account trading KO dengan manajemen uang dan manajemen risiko. Tapi saya tidak bisa membuat Anda tidak pernah merasakan rugi. Kalau ada seseorang yang menawarkan pada Anda cara trading 100% profit, langsung saja lempar sandal. Dijamin dia itu penipu.

Bruce Lee, mendiang seorang aktor laga dan penemu Jeet Kune Do pernah mengatakan:

"Don't pray for easy life, pray for the strength to endure a difficult one"

Jangan belajar trading dengan tujuan supaya tidak rugi. Tidak ada gunanya. Tapi belajarlah trading supaya kalau rugi, tidak langsung bikin Anda KO alias kena margin call. Tidak mau rugi? Jangan jadi trader!

Untuk Anda yang masih mau sukses jadi trader, tanpa merasakan rugi ... BISA! Dalam mimpi hehehe

Semoga artikel ini menginspirasi

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com