8 Penyakit Trader

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Anda tentu pernah jatuh sakit, setidaknya yang ringan seperti flu. Saat jatuh sakit, badan tidak enak, dan tidak bisa bekerja dengan baik. Khusus untuk trader, ada 8 "penyakit" yang bisa mejangkiti trader. Bila terkena penyakit ini, akibatnya bisa gawat. Mau tahu penyakit-penyakit apa yang bisa menghinggapi trader? Simak artikel ini

Delapan penyakit berbahaya yang bisa menghinggapi trader adalah KURAP, KUDIS, KADAS, KUSTA, EKSIM, PANU, KORENG dan CAMPAK.

Jika Anda pikir trader bisa terkena penyakit ini karena jarang mandi, hehehe Anda salah menebak. Penyakit-penyakit di atas bukan sembarang penyakit.

1. KURAP = KURAng Perencanaan
Jika trader tidak memiliki perencanaan atau trading plan, maka hal tersebut sama artinya dengan naik mobil tanpa rambu-rambu. Trader harus memiliki metode atau sistem trading. Dengan begitu ia bisa memiliki panduan untuk membeli atau menjual.

2. KUDIS = KUrang DISiplin
Jika sudah memiliki sistem trading, tetapi jika tidak menjalankannya dengan baik, maka sistem trading tersebut tidak akan berguna. Kedisiplinan sangat penting untuk menjaga agar semua aturan di dalam sistem trading bisa dijalankan dengan baik.

3. KADAS = KADang lupA Stoploss
Dengan sistem trading terbaik pun, selalu saja ada satu waktu di mana pasar bergerak tidak sesuai dengan keinginan kita. Itulah gunanya Stoploss. Menggunakan stoploss akan menjaga kerugian yang kita alami tidak terlalu besar. Trader yang baik tidak boleh lupa menetapkan stoploss saat membuka posisi.

4. KUSTA = KUrang Sabar Tunggu Aba-aba
Kesabaran sangat penting dalam trading. Kadang trader tidak sabar menunggu sinyal beli dan jual muncul dari sistem tradingnya. Trader yang kurang sabar cenderung terlalu cepat menjual atau membeli. Tunggu konfirmasi sebelum membuka atau menutup posisi.

5. EKSIM = Emosi eKSIs Melulu
Psikologi trading amat menentukan keberhasilan trading. Trader harus menjaga emosi seperti ketakutan dan keserakahan agar tidak berlebihan. Jika emosi berlebihan justru bisa merusak, karena bisa mendorong trader berbuat diluar aturan sistem trading.

6. PANU = Pingin Amat Nyari Untung
Kebanyakan trader memiliki mindset yang salah tentang trading baik itu di forex, emas, atau saham. Menurut mereka, trading itu jalan pintas mendapatkan keuntungan besar dengan mudah. Trader yang memiliki mindset seperti itu akan cenderung bertindak sembrono, misalnya menggunakan margin berlebihan untuk mencari untung singkat. Akibatnya bukan untung malah bisa rugi besar.

7. KORENG = KOleksi goRENGan
Penyakit ini khusus menghinggapi trader saham. Berkenaan dengan penyakit no 7, trader cenderung terpikat untuk trading di saham berfundamental tidak jelas atau saham gorengan. Bukannya untung besar, malah trader tersebut nyangkut berat di saham gorengan tersebut.

8. CAMPAK = Cinta sAMa PAKar
Penyakit terakhir yang suka menghinggapi trader, terutama trader pemula, adalah kecenderungan trader untuk mencari petunjuk kemana arah pasar dari orang yang dianggapnya "ahli" atau "pakar". Padahal tidak ada seorang pun yang tahu persis masa depan seperti apa. Problemnya adalah trader akan mengalami bias secara psikologis saat melakukan keputusan trading. Trader bisa mengalami anchoring bias, terpaku pada ramalan si "pakar". Saat pasar berbalik arah berlawanan dengan ramalan "pakar", trader malah ngotot pada posisinya karena menganggap ramalan tersebut benar.

8 Penyakit Trader

 

Jaga diri Anda baik-baik, supaya tidak terjangkiti penyakit-penyakit berbahaya di atas. Sekali kena, susah sembuhnya hehehe. Semoga artikel ini berguna

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com