Belajar Trading Dari Ray Dalio

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Raymond Dalio atau lebih dikenal dengan Ray Dalio adalah investor, hedge fund manager ternama dari Amerika Serikat. Ia mendirikan perusahaan investasi Bridgewater Associates, salah satu hedge fund terbesar di dunia. Bloomberg menempatkannya sebagai orang terkaya ke 58 di dunia pada tahun 2019. Di dalam artikel ini, kita akan mempelajari bagaimana prinsip-prinsip trading dan investasinya.

Ray Dalio

Kisah Hidup Ray Dalio
Ray Dalio lahir pada 8 Agustus 1949, di kota New York. Ayahnya seorang musisi jazz dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Dalio adalah keturunan Italia.

Dalio mulai berinvestasi pada usia 12 tahun ketika ia membeli saham Northeast Airlines seharga $ 300 dan melipatgandakan investasinya setelah maskapai tersebut melakukan merger dengan perusahaan lain.

Dalio menerima gelar sarjana di bidang keuangan dari Long Island University dan gelar MBA dari Harvard Business School pada tahun 1973. Setelah selesai kuliah, Dalio bekerja di New York Stock Exchange dan trading komoditas berjangka. Dia kemudian bekerja di beberapa perusahaan komoditas berjangka lain dan broker, sebelum pada tahun 1975 mendirikan perusahaan manajemen investasi Bridgewater Associates dari apartemennya. Bridgewater Associates menjadi perusahaan hedge fund terbesar di dunia pada tahun 2005.

 

Buku Ray Dalio
Pada 2008 Dalio menerbitkan "How the Economic Machine Works: A Template for Understanding What is Happening Now", sebuah tulisan tentang ekonomi

Kemudian pada tahun 2011 ia menerbitkan bukunya, "Principles", yang menguraikan filosofi investasi dan manajemen perusahaannya

 

Strategi Trading Ray Dalio
Strategi Bridgewater dikenal di dunia hedge fund sebagai "makro global". Mereka menghasilkan uang terutama dari tingkat pengembalian relatif dari pasar saham dan obligasi dari berbagai negara. Dengan strategi makro, mereka tidak bergantung pada strategi jangka pendek.

Dikabarkan bahwa, banyak manajer makro masih cenderung memiliki swing besar dalam portofolio mereka, namun Bridgewater tidak. Hal ini sangat mengagumkan tentunya.

Strategi Bridgewater sangat berpegang pada paritas risiko (risk parity). Manajemen risiko yang mereka lakukan cukup rumit, tetapi mereka tampaknya melakukan trading di pasar berjangka untuk mengurangi risiko dan kemudian membeli berbagai ETF dan menambahi beberapa posisi saham yang lebih kecil.

 

 

Apa Yang Bisa Dipelajari Dari Ray Dalio?
Sebagai trader ritel, kita akan sulit untuk mengikuti strategi Ray Dalio dalam meracik portofolio. Tapi setidaknya ada beberapa hal yang bisa dipelajari, terutama dalam kemampuannya melakukan manajemen risiko. Dalam suatu wawancara membahas tentang investasi, Dalio menyarankan untuk melakukan diversifikasi pada portofolio. Ia menyarankan mendiversifikasi aset dalam berbagai instrumen investasi seperti saham, obligasi, komoditas, dan real estate. Dalio juga menyarankan untuk melakukan rotasi portofolio, yaitu mengganti aset yang sudah kemahalan dengan aset berkualitas lain tapi harganya masih murah.

Selain strategi investasi dan trading, kita juga bisa belajar banyak dari Ray Dalio, terutama dari bukunya "Principles" Buku tersebut tidak hanya membahas strategi perusahaannya, tapi juga filosofi dan prinsip hidupnya. Uang, menurut Dalio, tidak pernah tujuan hidupnya. Dia menghargai namanya masuk dalam daftar orang terkaya dunia, tetapi dia menganggap lebih penting untuk menjalankan kehidupan yang menarik, terlibat dalam pekerjaan yang bermakna, dan membentuk hubungan yang bermakna.

Saya menyukai salah satu kutipan dari Ray Dalio: “Pain + Reflection = Progress"

Kesalahan yang kita lakukan memang menyakitkan hati. Tetapi kepedihan yang dialami ditambah dengan refleksi akan membuat kita lebih maju. Tanpa refleksi, kesalahan hanya membawa kepedihan. Hanya dengan refleksi, kesalahan itu menjadi pembelajaran.

 

Semoga artikel ini menginspirasi

oleh
Desmond Wira
http://www.juruscuan.com