Pasar Saham Berada Di Persimpangan Jalan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pada minggu lalu, pasar saham melanjutkan rebound dan ditutup di level 6.370, sedikit naik dibanding penutupan minggu sebelumnya di 6.353. Secara teknikal IHSG masih dalam kondisi uptrend dalam jangka pendek, namun memiliki kecenderungan sideways. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 12 Januari 2018

Analisis Pasar Saham IHSG 15 Januari 2018

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Secara teknikal, kondisi IHSG terlihat masih dalam fase uptrend. MACD di atas signal, masih bernilai positif. Tapi MACD terlihat mendekati signal. RSI terlihat bergerak datar dan masih overbought. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG masih berada di fase uptrend dalam jangka pendek, tapi memiliki kecenderungan sideways. Hal ini dapat dimaklumi, setelah IHSG mencetak rekor di 6.445 sedikit berkonsolidasi.

Sementara bursa saham AS masih terus mencetak rekor tanpa lelah pada akhir minggu lalu. Indeks Dow Jones ditutup di level 25.803, naik tajam dibanding minggu sebelumnya di 25.295. Sedangkan indeks S&P500 berakhir di level 2.786, naik dibanding minggu sebelumnya di 2.743. Harga minyak juga naik ke level $64 per barel. Kenaikan pasar saham AS dipicu oleh kenaikan harga komoditas dan optimisme investor pada kondisi ekonomi AS menjelang rilis laporan keuangan emiten.

Minggu ini tidak banyak data dan kejadian ekonomi penting. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi yang perlu diperhatikan dalam minggu ini:

  1. Selasa 16 Januari 2018 : Data inflasi Inggris, Pernyataan Ketua SNB Jordan
  2. Rabu 17 Januari 2018 : Suku bunga Kanada, Pernyataan BOC, Data pekerjaan Australia
  3. Kamis 18 Januari 2018: Data GDP China, Data klaim pengangguran AS, Data persediaan minyak AS
  4. Jumat 19 Januari 2018 : Data penjualan ritel Inggris

Perkiraan saya, IHSG di awal minggu masih berpeluang melanjutkan penguatan mengikuti penguatan bursa saham global. Perhatikan level resistance 6.450, jika tembus ke atas IHSG berpeluang melanjutkan penguatan. Namun jika IHSG kembali melorot, perlu lebih hati-hati. Boleh dibilang saat ini IHSG berada di persimpangan jalan, belum memutuskan mau naik atau turun. Kita lihat keputusannya dalam waktu dekat.

Support IHSG berada di 6200, sedangkan resistance di 6450.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG masih dalam pola uptrend dalam jangka pendek dengan kecenderungan sideways. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu
  • Rekomendasi bagi investor saham: BUY
    Dalam jangka menengah IHSG masih dalam kondisi uptrend, bisa akumulasi pada saham-saham tertentu

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.