Pasar Saham Sideways, Menanti Window Dressing

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Pasar saham masih bergerak dalam kecenderungan sideways. Sementara ini belum ada sentimen positif yang bisa mendorong IHSG. Terakhir IHSG ditutup di level 5231. Tinggal dua minggu lagi IHSG mendekati penghujung 2016. Masih adakah peluang window dressing di akhir tahun ini? Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 16 Desember 2016

Analisis Pasar Saham IHSG 19 Desember 2016

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

Secara teknikal, kondisi IHSG sedikit lebih buruk dari sebelumnya. Moving Average terlihat deathcross. MACD di atas signal, walaupun masih bernilai negatif. RSI terlihat bergerak turun. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG masih berada di fase sideways atau konsolidasi dalam jangka pendek.

Pada akhir minggu lalu, pasar saham AS turun tipis seiring berita kapal perang Angkatan Laut Cina menyita sebuah drone bawah air milik AS di perairan internasional di Laut Cina Selatan. Hal ini memicu protes diplomatik resmi dari Amerika Serikat. Kejadian ini menimbulkan kekhawatiran investor akan meningkatnya ketegangan politik antara kedua negara.

Indeks Dow Jones terakhir berada di level 19,843. Sepanjang minggu lalu Dow naik sebesar 0,44%. Sementara itu, indeks S&P500 terakhir berada di level 2,258. Dalam minggu lalu, indeks S&P500 kehilangan 0,06%. Sedangkan IHSG lebih nelangsa, sepanjang minggu lalu turun hingga -1,45%

Berikut adalah data ekonomi yang akan rilis dalam minggu ini:

  1. Senin 19 Desember 2016: Kebijakan ekonomi BOJ
  2. Rabu 20 Desember 2016: Data persediaan minyak AS
  3. Kamis 21 Desember 2016: Data klaim pengangguran AS, data GDP AS

Perkiraan saya, minggu ini pasar saham kemungkinan masih bergerak dalam pola sideways. Tidak banyak agenda penting yang muncul dalam minggu ini. Juga tidak banyak sentimen positif dalam minggu ini. Sehingga IHSG untuk sementara masih cenderung datar, sambil menanti window dressing di akhir tahun. Sebagai catatan, secara historis window dressing biasanya terjadi di akhir tahun, tapi tidak menjadi jaminan pasti ada. Di dalam minggu ini IHSG berpotensi bergerak di kisaran 5200-5308.

Support IHSG terdekat berada di 5200, sedangkan resistance terdekat di 5308.

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG masih dalam fase sideways atau konsolidasi dalam jangka pendek. Bisa trading jangka pendek pada saham tertentu.
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG sideways. Disarankan wait and see dulu

 

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung ke email Anda. Juga bisa diterima oleh aplikasi secara realtime di smartphone Anda .