FAQ Pembukaan Rekening Saham

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Berikut adalah FAQ (Frequently Asked Questions), pertanyaan yang sering diajukan seputar pembukaan rekening saham di PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia :

TENTANG PT MIRAE ASSET SEKURITAS INDONESIA
Apakah PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia perusahaan sekuritas resmi?

Ya, PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Siapakah PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia?
PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia dahulu bernama PT eTrading Securities. Setelah diakuisisi oleh grup KDB (Korean Development Bank, BUMN Korea Selatan) maka kemudian berganti nama menjadi PT Daewoo Securities Indonesia. Kemudian per 29 Desember 2016, Mirae Asset membeli 43% saham Daewoo sehingga PT Daewoo Securities Indonesia berganti nama menjadi PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia.

Siapakah JurusCUAN.com dan apa hubungannya dengan PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia ?
JurusCUAN.com adalah partner dari PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, bertugas untuk menjangkau calon nasabah baru dan memberikan layanan pada calon nasabah tersebut.

Di kota saya tidak ada kantor PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, apakah saya bisa membuka rekening saham?
Pembukaan account saham melalui JurusCUAN.com meliputi seluruh wilayah Indonesia, bahkan bila anda WNI yang bermukim di luar negeri dan ingin membuka rekening, Anda tetap dapat membuka rekening saham, selama persyaratan seperti NPWP, KTP, Buku Tabungan terdaftar Indonesia terpenuhi.

Apakah saya perlu datang ke Gallery / kantor Mirae untuk membuka rekening ?
Tidak perlu, Anda hanya perlu mendownload formulir aplikasi, mencetak formulir tersebut, kemudian mengisi dan menandatangani formulir, ditandatangani di atas meterai dan dikirimkan via pos ke alamat kami. Bila Anda kesulitan untuk mencetak sendiri formulir tersebut dengan senang hati kami akan mengirimkan formulir tersebut ke alamat Anda. Cukup infokan nama, alamat dan no telepon ke email kami, maka formulir akan dikirimkan ke alamat.

 

TENTANG BONUS REKOMENDASI SAHAM
Apa bedanya jika saya membuka rekening saham di PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia melalui JurusCUAN.com dan melalui cabang lainnya ?
Bila Anda membuka account Mirae melalui JurusCUAN.com, maka Anda berhak mendapatkan Layanan Rekomendasi Saham setiap hari dari JurusCUAN.com. Gratis selama 1 tahun. Rekomendasi saham ini dikirimkan tiap hari ke email Anda. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan Desmond Wira, trader dan penulis buku trading dan investasi. Semua ini tidak akan Anda dapatkan bila membuka account Mirae di tempat lain. Bahkan bila Anda membuka rekening saham di kantor pusat Mirae pun, Anda tidak mendapatkan fasilitas tersebut di atas.

Apakah bonus seperti free stock pick / layanan rekomendasi saham bisa saya dapatkan di Mirae cabang lain?
Tidak. Penawaran tersebut hanya berlaku untuk nasabah yang membuka account saham melalui JurusCUAN.com

Apakah bonus rekomendasi saham otomatis diberikan?
Nasabah harus meminta diaktifkan membership rekomendasi saham tersebut. Kami hanya mengaktifkan berdasar permintaan Anda. Kami menghormati keinginan setiap nasabah, karena tidak semua nasabah ingin mendapatkan kiriman email rekomendasi saham setiap hari, ada juga nasabah yang benar-benar mandiri dalam berinvestasi.

Bagaimana cara mengaktifkan bonus rekomendasi saham selama setahun?
Setelah rekening jadi dan setor dana, informasikan bukti setor dana kepada kami untuk diaktifkan bonus rekomendasi sahamnya

 


TENTANG PERSYARATAN PEMBUKAAN REKENING SAHAM
Saya tertarik untuk membuka rekening saham melalui JurusCUAN.com, tetapi sebelumnya saya sudah membuka rekening Mirae di tempat lain, bagaimana solusinya?
Bagi yang sudah membuka rekening saham Mirae di cabang lain, alternatifnya adalah
1. Anda bisa menggunakan nama suami/istri, anak atau saudara untuk membuka rekening baru di Mirae Sekuritas Indonesia melalui kami.
2. Melakukan pemindahan cabang ke JurusCUAN. Untuk pemindahan cabang, tidak semua nasabah bisa dilayani, tergantung kondisi akun dan apakah cabang asal tidak berkeberatan. Untuk informasi lebih lanjut tentang pemindahan cabang, silakan hubungi kami

Bila pindah cabang, apakah akan mendapatkan bonus rekomendasi saham selama setahun?
Ya, bila pindah cabang disetujui, akan mendapatkan bonus rekomendasi saham selama setahun sesuai persyaratan yang berlaku

Saya masih mahasiswa, apakah bisa membuka rekening saham?
Bisa.

Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk membuka rekening saham?

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy NPWP. Yang belum memiliki NPWP dapat tetap membuka rekening saham dengan mengisi formulir pernyataan tidak memiliki NPWP.
  3. Fotocopy Sampul Buku Tabungan yang tertera Nama, Nama Bank dan cabangnya, No rekening tabungan.
  4. Bila pekerjaan Pelajar/Mahasiswa/Ibu Rumah Tangga – HARUS menyertakan Fotocopy KTP Orangtua/Suami, NPWP Orangtua/Suami, dan KK (Kartu Keluarga)
  5. Fotocopy Surat Keterangan Kerja dari perusahaan tempat bekerja atau fotocopy kartu nama (opsional)
  6. Fotocopy slip gaji terakhir atau fotocopy 3 bulan terakhir data transaksi buku tabungan (opsional)

Saya pelajar / mahasiswa / ibu rumah tangga dan tidak memiliki NPWP, apakah masih bisa membuka rekening?
Bisa. Anda tetap membuka rekening saham walau tidak memiliki NPWP. Tetapi diharuskan mengisi formulir pernyataan tidak memiliki NPWP dan formulir tambahan lainnya. Selain itu diperlukan Fotocopy KTP Orangtua/Suami, NPWP Orangtua/Suami, dan KK (Kartu Keluarga)

Saya berstatus pegawai swasta atau wiraswasta tapi tidak memiliki NPWP, apakah masih bisa membuka rekening?
Bisa. Anda tetap membuka rekening saham walau tidak memiliki NPWP. Tetapi diharuskan mengisi formulir pernyataan tidak memiliki NPWP dan formulir tambahan lainnya. 

Berapakah setoran minimal yang dibutuhkan untuk membuka rekening saham?
Untuk pembukaan rekening reguler, minimal deposit adalah Rp 10 juta (umum). Untuk mahasiswa Rp 5 juta

Saya sudah memiliki rekening saham di sekuritas lain, apakah bisa membuka di PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia?
Bisa


TENTANG RDI 
Apakah guna RDI?
RDI (Rekening Dana Investor) atau biasa disebut juga RDN (Rekening Dana Nasabah) merupakan tempat penyimpanan dana yang tidak dibelikan saham. Jadi Anda menyetor dana ke Bank, bukan ke sekuritas. RDI bentuknya seperti rekening bank biasa, tapi tidak ada buku tabungan, kartu ATM. Tidak ada biaya administrasi apapun pada RDI. Jika Anda menarik dana, maka dana akan diambil dari RDI dan ditransfer ke rekening tabungan milik Anda yang terdaftar waktu pembukaan rekening.

Apa saja RDI yang tersedia di Mirae Sekuritas Indonesia?
Anda bisa membuka RDI dari bank Niaga, BCA, Mandiri atau Permata.

Apakah saya bisa membuka RDI di bank langsung?
Tidak bisa. Anda hanya bisa membuka RDI lewat formulir yang disediakan sekuritas. Di bank tidak tersedia formulir RDI.

Saya sudah memiliki rekening tabungan dari bank BCA, apakah harus mengisi formulir BCA yang disediakan?
Ya, harus. Formulir BCA tersebut digunakan untuk membuat RDI (Rekening Dana Investor). Ini adalah peraturan pemerintah yang mewajibkan setiap pembukaan rekening saham disertai pembuatan RDI. Sebenarnya tidak ada keharusan bila memiliki tabungan BCA maka harus memilih RDI BCA. Tapi ada keuntungannya bila bank sama. Artinya kalau Anda menyetor atau menarik dana dari bank yang sama, tidak ada biaya administrasi transfer antar bank.

Apakah RDI yang disarankan?
Disarankan membuka RDI yang sama dengan buku tabungan yang Anda miliki dan daftarkan waktu membuka rekening saham. Jika buku tabungan sama dengan RDI, kalau Anda setor dan tarik dana tidak dikenakan biaya transfer antar bank (karena bank sama)

 

TENTANG FORMULIR FATCA
Apakah Formulir FATCA harus diisi?
Ya. Sehubungan dengan adanya peraturan baru dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mengenai FATCA (Foreign Account Tax Compliance Act) dimana sesuai dengan UU AS yg mengatur kewajiban bagi lembaga keuangan asing di luar AS (termasuk Bank) untuk memberikan laporan keuangan kepada kantor pajak AS mengenai rekening warga Negara AS yang terdapat pada lembaga keuangan tersebut. Maka formulir ini harus diisi lengkap. Jika tidak diisi, aplikasi pembukaan rekening saham tidak dapat diproses.

 

TENTANG BIAYA-BIAYA
Apakah ada biaya administrasi pada saat pembukaan rekening saham?
Sama sekali tidak ada.

Apakah ada biaya per bulan seperti biaya minimal transaksi dalam sebulan, biaya market info / realtime data, dll ?
Tidak ada.

Apakah ada fee minimal untuk satu transaksi ?
Tidak ada.

Berapa komisi/fee beli dan jual PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia?
Komisi beli dan jual standar untuk rekening reguler adalah 0,15% untuk transaksi beli, dan 0,25% untuk transaksi jual

 

LAIN-LAIN
Bagaimana proses jual beli saham di Mirae Asset Sekuritas Indonesia?
Kami menggunakan software HOTS (Home Online Trading System) untuk melakukan transaksi jual beli saham. Nasabah melakukan jual beli saham secara mandiri. HOTS tersedia dalam versi PC, atau mobile (Blackberry, iPad, iPhone, dan Android).

Bagaimana cara mendapatkan software HOTS versi mobile?
Anda bisa mencari software NEO HOTS Mobile (versi terbaru) di Google Play (Android) cari dengan keyword NEO HOTS Mobile

Bagaimana cara mendapatkan software HOTS versi PC (Windows)?
Anda bisa mendownload software HOTS (Windows) di sini

Apakah semua dana yang disetor semua bisa dibelikan saham?
Ya. Semua dana yang disetor, semua bisa dibelikan saham. Tidak ada potongan apapun. Yang ada hanya biaya pembelian atau penjualan saham (bila terjadi transaksi)

Apakah ada pelatihan tentang cara menggunakan HOTS?
Di tempat kami tidak ada pelatihan cara menggunakan HOTS. Anda bisa pelajari sendiri penggunaanya melalui manual yang tersedia atau dengan membaca buku Memulai Investasi Saham. Penggunaan HOTS sangat mudah dan user friendly, mestinya Anda tidak akan kesulitan dalam mempelajari sendiri.